Keluarga

5 Cara Agar Kamu Mendapatkan Pekerjaan Impianmu Di Balikpapan

Sudah kirim lamaran kegiatan ke sebanyak perusahaan yang membuka Loker balikpapan namun belum pun dapat panggilan dari perusahaan? Atau, telah masuk etape wawancara namun gagal guna dipanggil ke etape selanjutnya? Hmm, andai kamu pernah atau sedang menghadapi kedua masalah di atas, Glints punya sejumlah tips, supaya kamu bisa berlomba dan unik hati semua HRD. Yuk, disimak!

Salah satu poin urgen yang me sti anda pahami ialah bahwa mengandalkan prestasi akademik guna mendapatkan kegiatan belum cukup. Ya, terdapat ribuan dan bahkan jutaan orang di luar sana yang punya IPK dan latar belakang edukasi sama serupa dengan kamu. Tugas anda sekarang melulu satu yakni meyakinkan perekrut kerja kalo kamu lumayan kompeten dan lain dari yang pelamar kerja lainnya.

1. Temukan Hobi dan Bakat

Entah tersebut menulis, membaca, bermain peran atau pekerjaan olahraga laksana lari atau sepak bola, mulai-lah guna menekuni kegemaran tersebut. Jika kamu beranggapan bahwa perekrut kerja tidak peduli dengan pekerjaan yang anda sukai, anda salah. Perusahaan dapat saja jauh lebih tertarik mendengar kisah tentang kegemaran dan passion-mu daripada ulasan eksemplar transkrip nilai, karena passion dapat membuat mereka lebih mengenal diri anda lebih dekat.

Jadi, usahakanlah temukan dan asah bakat kalian. Mulailah bergabung dengan komunitas yang cocok dengan kegemaran kalian. Jika anda masih belum yakin dengan pekerjaan yang paling anda suka, tidak boleh panik. Di bawah ini ada sejumlah pertanyaan yang dapat membantu anda untuk menemukan kegemaran yang tepat:

Apa pekerjaan yang paling anda suka semenjak kecil? Atau terdapat tidak pekerjaan yang benar-benar dapat membuat anda senang melakukannya?
Topik apa yang membuat anda tertarik saat membicarakannya?
Jika anda masih kendala untuk membalas kedua pertanyaan di atas, kamu dapat mulai dengan pilih satu pekerjaan yang menurut anda paling unik atau yang sangat membuat anda penasaran. Habiskan minimal satu jam masing-masing hari atau 2 kali dalam seminggu guna mulai mengeksplor kegemaran baru anda ini. Jika dalam kurun masa-masa 2-4 minggu anda belum dapat menikmati pekerjaan tersebut, mungkin kegemaran tersebut tidak sesuai dengan kamu. Tapi tidak boleh cepat menyerah, segera coba pekerjaan lainnya sampai kamu menemukan kegemaran yang tepat!

2. Bergabung dengan Kegiatan Volunteer
Salah satu yang dapat buat kamu bertolak belakang dari orang lain ialah dengan ikut pekerjaan sukarela atau biasa pun dikenal dengan istilah volunteering. Kamu dapat mulai bergabung dengan komunitas-komunitas yang menjadi konsentrasi perhatian kamu. Misalnya bergabung dengan WWF Indonesia andai kamu peduli dengan konservasi fauna dan lingkungan.

Kepedulian sosial kamu dapat menjadi poin tambahan tidak saja di mata perekrut kerja tetapi juga untuk dunia. Volunteering merupakan pekerjaan yang tidak melulu mengajak anda untuk mengerjakan sesuatu yang bermanfaat untuk orang tidak sedikit dan lingkungan, namun pun menjadi wadah supaya kamu bisa bersosialisasi dan mengembangkanketerampilan yang anda punya.

3. Buat Blog Pribadi

Di zaman teknologi seperti kini ini, membina citraan di media sosial telah jadi di antara hal yang me sti dipertimbangkan. Selain gampang diakses oleh perekrut kerja, media sosial juga dapat memberikan cerminan tentang diri kamu. Jika Facebook, Twitter ataupun Instagram anda penuh dengan keluhan atau justeru foto-foto selfie, buatlah satu blog yang dapat dijadikan portfolio online kamu!

Jangan fobia untuk mulai mencatat tentang apapun yang anda pikirkan, karena blog adalah wadah untuk kamu guna ‘bersuara’ untuk dunia. Dengan rutin mencatat postingan di blog, anda tidak melulu mengasah keterampilan menulis, namun pun belajar guna menerima komentar dan kritikan dari pembaca.

4. Jadwalkan Travelling

Jangan pernah melewatkan peluang untuk berpergian, baik ke luar negeri ataupun ke luar kota. Ya, barangkali masih tidak sedikit dari kalian yang tidak terlampau suka travelling sebab selain menguras uang, pekerjaan ini pun terkadang memerlukan persiapan yang lumayan merepotkan. Tapi ternyata menjadwalkan travelling paling tidak satu tahun 2 kali tersebut penting loh, sebab empiris maupun skilll yang diperoleh selama berpergian dapat membuat anda lebih berkembang dari sebelumnya!

Kamu dapat mulai menyimpan uang dan jadwalkan berpergian ke kota-kota terdekat. Jika budget yang anda punya lumayan minim, kamu dapat coba travelling a la backpacker! Tidak butuh khawatir, kini ini sudah tidak sedikit agen-agen travel yang menawarkan fasilitas untuk kamu guna berpergian dengan budget kecil. Pengalaman menarik serta teknik kamu menanggulangi masalah sekitar berpergian dapat jadi bagian unik untuk dikisahkan kepada perekrut kerja. Yuk, jadwalkan travelling mulai dari sekarang!

5.Kumpulan Magang

Satu-satunya teknik untuk memahami apakah kalian sesuai untuk bekerja di industri tertentu ialah dengan mencobanya langsung melewati magang. Punya empiris magang walaupun melulu sekali atau dua kali bakal secara otomatis menciptakan kalian selangkah lebih maju daripada yang tidak pernah. Selain meningkatkan pengalaman guna ditulis di CV kalian nantinya, sejumlah kesempatan magang pun membuka kesempatan untuk berubah jadi kegiatan purna masa-masa di perusahaan itu kedepannya!

Nah, sekarang anda sudah tahu kan teknik menarik hati semua perekrut kerja? Yuk, mulai susun kata dan berbagi kisah tentang passion dan empiris kalian di cover letter. Cukup tuliskan 1-2 paragraf yang mengindikasikan bahwa kamu lain dari yang beda dan layak untuk diterima di pekerjaan khayalan kalian! Sudah siap untuk berlomba dalam menggali kerja?

Tulis komentar inilah ini dan share ke semua jobseeker lainnya, apa sih yang menjadi passion anda dan pekerjaan apa saja yang anda sedang dan inginkan geluti kini ini? Apa yang bikin kamu bertolak belakang dari orang lain?

Comment here